Sabtu, 12 Maret 2011

Dengarkanlah Dia


Jemaat yang terkasih dalam Tuhan Yesus…

Dalam dunia pewayangan ada negara hastina dan negara ngamarta, negara hastina rajanya Duryudono sedangkan negara ngamarta Puntadewa, ke 2 negara tersebut tidak pernah rukun, meskipun masih bersaudara. Dalam banyak bidang negara ngamarta lebih unggul karena Negara tersebut menjunjung tinggi budi pekerti luhur dan mempunyai penasehat yang bijaksana yaitu prabu kresna, sedangkan negara hastina kerap kali jadi pecundang karena negara tersebut hidup dalam kemrosotan moral, sedang rajanya lebih senang mendengarkan dan menuruti penasehat2 yang menjerumuskan seperti patih sengkuni dan pdt durna. Dunia pewayangan bukan kisah nyata tapi hasil daya imajinasi manusia, meskipun demikian bisa juga dipakai sebagai gambaran manusia yang cinta akan budi pekerti luhur atau yang hanya mengejar kepuasannya semata.

Jemaat yang terkasih dalam Tuhan Yesus….

Tuhan Allah melalui nabi Musa, telah memerintahkan bangsa Israil untuk hidup kudus , sebagai bangsa pilihan Allah bangsa Israil dilarang berpaling pada arwah atau roh2 peramal seperti yang tertulis dalam Imamat 19:31 “ Janganlah kamu berpaling kepada arwah atau kepada roh2 peramal, janganlah kamu mencari mereka dan dengan demikian menjadi najis karena mereka, Akulah Tuhan, Allahmu”. Kita tidak usah menutup mata banyak anak negeri ini yang datang berduyun-duyun ketempat-tempat yg dianggap keramat, ke makam orang2 yang dianggap suci, ke tempat orang2 yang dipandang punya ilmu dengan 7an: ada yang minta keselamatan, minta supaya rejekinya melimpah, dapat pekerjaan, dapat jodoh maupun keturunan ataupun minta kesaktian, padahal semuanya itu dilarang oleh Tuhan dan merupakan kejijikan dihadapan Tuhan Allah. Raja Israil yg pertama yaitu Saul pernah juga pergi dan meminta petunjuk kepada seorang wanita yang dipandang sanggup memanggil arwah, seperti yang tertulis dalam 1 samuel 28:7 . Tujuan Saul mendatangi wanita itu supaya dipertemukan dengan arwah nabi Samuel yang telah meninggal, memang ada yang datang yaitu roh yang muncul dari dalam bumi, para penafsir menjelaskan yang datang menemui Saul bukan Samuel tapi iblis yang menyamar sebagai nabi Samuel. Tindakan raja Saul yang telah meremehkan Tuhan tersebut akhirnya mendapat hukuman dari Tuhan Allah, maka kita sebagai orang2 tebusan tidak boleh mencontoh apa yang telah dilakukan oleh raja Saul.

Jemaat yang terkasih dalam Tuhan Yesus…

Ada ajaran kejawen yang menyatakan “Yen kowe kepingin oleh karahayon golekana tapaking kunthul ing awang2”. Secara sekilas ajaran tersebut ngoyo woro/ tangeh lamun bisa melihat bekas tapak kunthul di udara, tapi yang dimaksud ajaran tersebut adalah manusia bisa mendapatkan karahayon/ keselamatan setelah menemukan firman Allah yang tinutul/ tinulis dalam layang2/ kitab. Rasul Paulus memberikan penjelasan bahwa kitab suci dapat member hikmat dan menuntun manusia kepada keselamatan oleh iman kepada Tuhan Yesus Kristus tertulis dalam 2 Timotius 3: 15. Sebagai umat pilihan Tuhan bangsa Israil diberi 10 hukum Tuhan yang berisi peraturan untuk menata kehidupan umat Israil , yang diawali kesediaan untuk datang dan mendengarkan. Untuk membawa pulang loh batu yang berisi 10 hukum Tuhan itu, bukan sesuatu yang mudah, ada kesiapan dan persiapan dari 2 belah pihak. Pihak Allah menyiapkan 6 hari untuk bercakap cakap dgn Musa, sedangkan dari pihak Musa adanya kesediaan untuk mendengarkan melalui keberadaannya dlm keheningan bersama dengan Tuhan selama 40 hari.

Mendengar berbeda dengan mendengarkan, mendengar adalah memfungsikan alat pendengaran tetapi tanpa mengikutsertakan hati/ perasaan. Sedangkan mendengarkan juga melibatkan mata, hati dan pikiran. Kemampuan untuk dapat mendengarkan dengan baik ternyata tidak mudah, banyak pekerjaan yang gagal hanya karena persoalan ketidakmampuan mendengarkan dengan baik.

Rasul Paulus juga menegaskan bahwa peran hukum Taurat dalam kehidupan umat Israil yang pertama sebagai cermin/ pangilon bahwa dirinya berdosa dihadapan Tuhan Allah dan yang kedua sebagai pamomong umat dalam rangka menyambut kedatangan sang Mesias, yang merupakan penggenap hukum Taurat itu sendiri.

Jemaat yang terkasih dalam Tuhan Yesus…..

Dalam Injil Matius 17:1-9 Tuhan Yesus membawa ke 3 orang murid naik ke atas gunung yang tinggi, ke 3 murid tersebut adalah petrus, Yokobus dan Yohanes, di atas gunung mereka menyaksikan Tuhan Yesus dimuliakan dan bercakap-cakap dengan nabi Musa dan Elia. “ Yeus berubah rupa didepan mata mereka, “wajah-Nya bercahaya seperti matahari dan pakaian-Nya menjadi putih bersinar seperti terang. Dalam hal ini Tuhan Yesus mengalami “ Transfigurasi” seperti ulat berubah menjadi kepompong lalu menjadi kupu2 yang indah.Para murid yang menyaksikan peristiwa itu sangat takjub dan takut, Petrus berkomentar yang tidak pada tempatnya “Tuhan, betapa bahagianya kami berada ditempat ini,jika Engkau mau biarlah disini kudirikan 3 kemah,satu untuk Engkau, satu untuk Musa dan satu untuk Elia”. Petrus berkata demikian tapi tidak tahu arah perkataannya. Pada peristiwa transfigurasi itu Kristus memiliki dan memancarkan tubuh sorgawi yang begitu cemerlang dan mulia, dan yang menarik dalam peristiwa itu Tuhan Yesus hanya mengajak 3 orang murid, ini berarti dalam menyatakan kemuliaan-Nya, Kristus secara sengaja tidak menyingkapkan kemuliaan-Nya kepada banyak orang, Tuhan Yeus tetap menampilkan “ ketersembunyian diri-Nya” sebagai bentuk sikap-Nya yang selalu rendah hati dan tidak ingin demonstrative. Ke 3 murid inilah yang nantinya akan diajak oleh Tuhan Yesus untuk mendampingi Dia ketika mengalami pergumulan di taman Getsemani. Mereka menjadi saksi mata saat Tuhan Yesus dipermuliakan oleh Allah Bapa dan saat Tuhan Yesus mengalami pergumulan batin yang sangat berat ditaman Getsemani.

Jemaat yang terkasih dalam Tuhan Yesus….

Pada saat Tuhan Yesus mengalami peristiwa transfigurasi dan dimuliakan oleh sang Allah Bapa dengan mengatakan “ inilah Anak yang kukasihi kepadaNyalah Aku berkenan, dengarkanlah Dia “. Mengapa sang Allah Bapa memerintahkan kita/ manusia untuk mendengarkan Kristus? Apa peranan Kristus bagi kehidupan umat manusia? Siapakah Yesus Kristus itu sebenarnya?

Kristus sangat penting dalam sejarah hidup umat manusia, Kristuslah satu-satunya perantara manusia dengan Allah, dan melalui karya Kristus terjadi shalom antara Allah dgn manusia. Kitab Suci memberikan kesaksian bahwa Dialah: Anak manusia, Alfa dan Omega, Roti hidup yang turun dari sorga, Penasihat Ajaib, Jalan dan kebenaran dan hidup, Matahari kehidupan, Juru selamat dunia, Gembala yang baik, Yang kudus dari Allah, Aku adalah Aku, Gambar dari Allah yg tidak kelihatan, Mesias, Sang pengantara, Allah yang Maha Kuasa, Anak tunggal Bapa, Anak domba Allah, Raja damai, Nabi, Imam, Hakim yang adil, Firman Allah, Kekuatan Allah dan Hikmat Allah, Kebangkitan dan hidup, Allah yang perkasa, Allah yang sejati, Malaikat perjanjian, Terang dunia dll.

Maka kita harus bersyukur dipimpin kepada iman yang menyelamatkan dan berkelimpahan didalam Kristus, dan mohon pimpinan Roh Kudus agar kehidupan kita bisa menyenangkan hati Allah Amiin.

Tidak ada komentar: