Rabu, 21 Oktober 2009

Pengorbanan Kristus

Salam sejahtera…
Saudara para nabi telah menubuatkan cara yang ditempuh Mesias dalam rangka mengemban misi untuk menyelamatkan manusia berdosa, berikut ini saya paparkan typologi pengorbanan sang Mesias:

Keluaran 12:21-23
21.Lalu Musa memanggil semua tua-tua Israel serta berkata kepada mereka: “Pergilah, ambillah kambing domba untuk kaummu dan sembelihlah anak domba Paskah.
22.Kemudian kamu harus mengambil seikat hisop dan mencelupkannya dalam darah yang ada dalam sebuah pasu, dan darah itu kamu harus sapukan pada ambang atas dan pada kedua tiang pintu; seorangpun dari kamu tidak boleh keluar pintu rumahnya sampai pagi.
23.Dan TUHAN akan menjalani Mesir untuk menulahinya; apabila Ia melihat darah pada ambang atas dan pada kedua tiang pintu itu, maka TUHAN akan melewati pintu itu dan tidak membiarkan pemusnah masuk ke dalam rumahmu untuk menulahi.

Masmur 22:17-19
17.Sebab anjing-anjing mengerumuni aku, gerombolan penjahat mengepung aku, mereka menusuk tangan dan kakiku.
18.Segala tulangku dapat kuhitung; mereka menonton, mereka memandangi aku.
19.Mereka membagi-bagi pakaianku di antara mereka, dan mereka membuang undi atas jubahku.

Yesaya 53:5,9-11
5.Tetapi dia tertikam oleh karena pemberontakan kita, dia diremukkan oleh karena kejahatan kita; ganjaran yang mendatangkan keselamatan bagi kita ditimpakan kepadanya, dan oleh bilur-bilurnya kita menjadi sembuh.
9.Orang menempatkan kuburnya di antara orang-orang fasik, dan dalam matinya ia ada di antara penjahat-penjahat, sekalipun ia tidak berbuat kekerasan dan tipu tidak ada dalam mulutnya.
10.Tetapi TUHAN berkehendak meremukkan dia dengan kesakitan. Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai korban penebus salah, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak TUHAN akan terlaksana olehnya.
11.Sesudah kesusahan jiwanya ia akan melihat terang dan menjadi puas; dan hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul.

Bilangan 21:9
Lalu Musa membuat ular tembaga dan menaruhnya pada sebuah tiang; maka jika seseorang dipagut ular, dan ia memandang kepada ular tembaga itu, tetaplah ia hidup.

Saudara… Tuhan Yesus sendiri juga mengatakan tentang jalan penderitaan yang harus Ia jalani.Matius 16:21
Sejak waktu itu Yesus mulai menyatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia harus pergi ke Yerusalem dan menanggung banyak penderitaan dari pihak tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan dibangkitkan pada hari ketiga.

Saudara Iblis berusaha menggagalkan jalan penderitaan tersebut dengan memakai murid-Nya yang seakan akan ingin membelaNya, tetapi Tuhan Yesus berkata dengan tegas:
Matius 16:22-23
22.Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia, katanya: “Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau.”
23.Maka Yesus berpaling dan berkata kepada Petrus: /”Enyahlah Iblis. Engkau suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia.”*

Matius 26:53-54
53.Atau kausangka, bahwa Aku tidak dapat berseru kepada Bapa-Ku, supaya Ia segera mengirim lebih dari dua belas pasukan malaikat membantu Aku?*
54.Jika begitu, bagaimanakah akan digenapi yang tertulis dalam Kitab Suci, yang mengatakan, bahwa harus terjadi demikian?”*

Saudara… kurban Kristus adalah sangat.. sangat penting untuk keselamatan umat manusia karena harga keselamatan hanya bisa ditebus dgn darah Kristus
1 Petrus 1:18,19
18.Sebab kamu tahu, bahwa kamu telah ditebus dari cara hidupmu yang sia-sia yang kamu warisi dari nenek moyangmu itu bukan dengan barang yang fana, bukan pula dengan perak atau emas,
19.melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.

Saudara… jika ada pihak yang berani mewartakan Yesus Kristus tapi tidak pernah menderita dikayu salib sampai mati, maka saudara harus hati2 sebab itu bukan berasal dari Tuhan semesta alam, sekian kiranya bermanfaat.

Tidak ada komentar: